Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) UICM melakukan kunjungan ke pabrik Nata de Coco, Pabrik Tauco, Pabrik Teh dan pabrik pengolahan sutra yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat dalam rangka kuliah lapang yang dibimbing langsung oleh dosen Fakultas Pertanian UICM yang diwakili oleh Ir Hilman Permana MP, Dr Ir Oke Andikarya MMPd, Dr Ir Ghoffar Husnu MP, Dr Ir Farida Iriani MP, Sari Suryana SPt MPt, dan Triana Ulfah S.T. M.T., pada hari selasa (7/11/2021). Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengenalan kondisi terkini dunia kerja dengan berbagai perkembangan yang terjadi serta mendapatkan gambaran aplikasi langsung dari mata kuliah diharapkan mahasiswa dapat memperluas pengetahuannya di lingkungan dunia kerja, mampu membandingkan teori yang didapat dikelas dengan kondisi di dunia kerja serta sebagai ajang berbagi informasi terkait sertifikasi yang diperlukan di dunia kerja.

“Mahasiswa perlu melihat realita industri pengolahan hasil pertanian karena terkadang teori dengan realita dilapangan sering berlainan, seperti teori industri Nata de Coco yang biasanya terbuat dari air kelapa murni, seiring perkembangannya dengan kondisi saat ini maka adanya pencampuran dengan bahan lain tentunya melalui proses dengan teknologi terkini” Kata Dr. Ir. Oke Andikarya, MMPd dosen prodi THP.

Dengan adanya kunjungan ini, mahasiswa mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa seperti Mengenal Kompetensi Bidang Keahlian (KBK) Teknologi Pengolahan Tanaman, Teknologi Hasil Perkebunan yang ada di Prodi THP Fakultas Pertanian UICM. Selain itu, Dalam bidang industri teknologi hasil pertanian, tidak hanya teori melainkan dunia implementasi dan praktik keahlian  sehingga kompetensi dan sertifikasi keahlian wajib dimiliki. Pada kesempatan itu, mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang dunia industri pengolahan perkebunan. Pada umumnya, dunia kerja bagi lulusan teknologi tidak hanya terbatas pada teoritis melainkan implementasi dan praktik keahlian sehingga melalui kunjungan praktek mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui dan membandingkan konsep dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh selama kuliah.

Pada dasarnya, kegiatan kunjungan ini berguna untuk mendorong mahasiswa memiliki minat dan keahlian untuk bekerja di perusahaan pengolahan hasil pertanian serta mendapatkan informasi tentang keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan di bidang teknologi hasil pertanian dan wirausaha.

Menurut para dosen, kegiatan ini diharapkan mampu melengkapi pengetahuan teori yang didapatkan mahasiswa dari perkuliahan di kelas  dengan dunia kerja teknologi dalam rangka mempersiapkan para sarjana teknologi hasil pertanian yang andal dan berkompeten. Pengalaman lapangan perlu dilakukan karena dunia kerja teknologi bukan pengetahuan teori saja melainkan harus ada kegiatan praktek lapangan.

Translate »